Powered By Blogger

SELAMAT DATANG di Blog Putera Pulau Beringin

Semoga Bermanfaat..!

Senin, November 29, 2010

PUSTAKAWAN DAN PROFESI

1. Lahirnya Profesi

Sejarah lahirnya profesi berawal pada abad pertengahan di Eropa Barat, yaitu ketika adanya revolusi industri yaitu munculnya pabrik-pabrik yang menuntut pekerjanya memiliki keterampilan khusus atau keahlian dalam bidang tertentu. Pada abad XVIII, di Inggris muncul pengelompokan masyarakat menjadi kelas tertentu. Hal ini menyebabkan lahirnya konsep modern tentang profesi, yaitu membedakan jenis pekerjaan seperti kelas industiralis, pedagang, teknisi, dll.

Konsep profesi saat ini sudah berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Profesi merupakan pekerjaan dan pengabdian kepada masyarakat yang memerlukan pengetahuan, keahlian, dan keterampilan.

1. Definisi Profesi

Menurut Winarno Surakhmad: profesi adalah bidang pekerjaan dan pengabdian tertentu, yang karena hakikat dan sifatnya membutuhkan persyaratan dasar, keterampilan teknis dan sikap kepribadian tertentu.

Menurut Wirawan, profesi menjanjikan layanan yang hanya dilaksanakan oleh orang tertentu berdasarkan ilmu pengetahuan yang hanya diketahui oleh orang tetentu yang secara sistematis diformulasikan dan diterapkan utnuk memenuhi kebutuhan klien.

Menurut Soekarman, profesi adalah sejenis pekerjaan atau lapangan pekerjaan yang untuk melaksanakannya dengan baik memerlukan keterampilan dan keahlian khusus yang diperoleh dari pendidikan atau pelatihan secara berkesinambungan sesua dengan perkembangan bidang pekerjaan atau lapangan pekerjaan yang bersangkutan.

Dari definisi tersebut, dapat dipahami bahwa profesi adalah suatu pekerjaan yang memerlukan persyaratan khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Assalamu'alaikum. Wr.Wb.

Waktu akan dipertanggungjawabkan

Frofilku

Foto saya
Palembang, Indonesia
MOTTO: "Hidup Adalah Perjuangan"

Total Tayangan Halaman

Entri Populer