Powered By Blogger

SELAMAT DATANG di Blog Putera Pulau Beringin

Semoga Bermanfaat..!

Rabu, Mei 04, 2011

CARA MERAWAT ARSIP

Tips melestarikan buku, kertas, dan foto:

(1) Jangan menggunakan tape atau lem untuk memperbaiki dokumen. Umumnya lem atau tape yang peka terhadap tekanan mengandung asam dan menyebabkan bintik cokelat pada dokumen.
(2) Simpanlah dokumen secara mendatar, namun jangan meratakan dokumen yang tergulung secara paksa. Paksaan tersebut akan merusak serat dan melemahkan kertas.
(3) Jangan mengikat dokumen dengan menggunakan karet gelang. Karet akan mengeras dan melekat ke kertas.
(4) Simpanlah dokumen di tempat yang jauh dari sinar matahari atau sinar lampur fluoresan. Semua cahaya akhirnya akan merusak dokumen; sinar ultraviolet merusak semuanya.
(5) Jangan menggunakan paper clip, stapples, atau objek metal lainnya untuk menyatukan dokumen. Materi metal akan menyebabkan terjadinya karat dan merusak dokumen.
(6) Jangan menggunakan kotak kardus atau kotak kayu untuk menyimpan foto dan dokumen. Kontainer tersebut sangat berasam dan menyebabkan kerusakan. Gunakan kontainer metal atau bebas asam.
(7) Jangan menyimpan foto di kertas bekas yang menggunakan halaman pembungkus plastik, adhesive atau kertas kontruksi hitam. Alat tulis penyimpan foto khusus untuk foto tersedia di toko.
(8) Jangan menyimpan foto berbingkai kaca secara mendatar, ditumpuk, atau disimpan di kandus atau kotak kayu. Gunakan sistem penyimpan vertical yang dirancang khusus untuk foto.
(9) Bila ingin membersihkannya jangan membuka “daguerreotype” dan “ambrotype”. Keseimbangan gas yang berada dalam kemasan akan terganggu dan gambar cepat menjadi kabur.
(10) Jangan menyimpan negatif dan slide dalam lembaran plastik. Lembaran plastik ini akan menyebabkan dekomposi dan merusak citra (gambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Assalamu'alaikum. Wr.Wb.

Waktu akan dipertanggungjawabkan

Frofilku

Foto saya
Palembang, Indonesia
MOTTO: "Hidup Adalah Perjuangan"

Total Tayangan Halaman

Entri Populer