Powered By Blogger

SELAMAT DATANG di Blog Putera Pulau Beringin

Semoga Bermanfaat..!

Selasa, April 05, 2011

PEMANFAATAN JURNAL ONLINE UNIKA ATMA JAYA JAKARTA

Perpustakaan dalam segala jenisnya merupakan institusi yang bersifat ilmiah, informatif dan edukatif, sehingga semua kegiatannya mengandung nilai dan unsur pembelajaran, penelitian untuk pemgembangan ilmu pengetahuan। Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan para pemustaka. Perpustakaan sebagai pusat informasi merupakan tempat untuk menghimpun, mengolah serta menyeberluaskan informasi untuk pemustaka.

Begitu juga perpustakaan perguruan tinggi merupakan sarana penunjang untuk mendukung kegiatan civitas akademika, tempat dimana perguruan tinggi itu berada. Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang berada di lingkungan perguruan tinggi yang pada hakikatnya merupakan bagian integral dari suatu perguruan tinggi. Sebagai bagian dari institusi perguruan tinggi, perpustakaan diselenggarakan dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat .

Perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi (TI) menjadi pendorong bagi reformasi di berbagai bidang, termasuk perpustakaan. Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi pola pikir, perilaku dan kebiasaan masyarakat dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Pustakawan dituntut menciptakan sistem perpustakaan yang memudahkan pemustaka dalam mencari informasi. Bila dulu perpustakaan lebih berkonsentrasi pada penyediaan informasi dalam bentuk dokumen cetak, namun sekarang fungsi tersebut berubah. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi, maka perpustakaan dituntut memberikan informasi dalam format digital dengan akses cepat, singkat dan akurat. Paralel dengan perkembangan itu, paradigma yang seharusnya dimiliki pustakawan sekarang adalah kepuasan terhadap konsumen (consumer satisfication) tidak lagi terpaku pada teknis operasional.

Pesatnya perkembangan teknologi Informasi pada pola kerja dan layanan bidang pusdokinfo, menyebabkan perpustakaan tidak hanya menyediakan informasi dalam bentuk tercetak, namun disajikan juga dalam bentuk format digital. Perkembangan teknologi tersebut tentu tidak bisa dipungkiri mengingat tuntutan masyarakat yang memang sudah biasa dan dengan segala macam teknologi informasi komunikasi. Gejala dan fenomena inilah yang membawa dampak kepada layanan perpustakaan bebasis teknologi informasi. Kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, membuat jarak, ruang dan waktu menjadi hampir tidak ada batasan. Pengguna membutuhkan informasi terkini yang bisa di peroleh dengan cara yang cepat. Salah satu solusi bagi perpustakaan dalam melayani serta memenuhi akan kebutuhan informasi pengguna adalah dengan menyediakan database online.

Keberadaan database online tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi seperti teknologi komputer dan teknologi komunikasi tadi. Hal ini menjadikan informasi dalam bentuk elektronik (elektronik-based) menggeser peran informasi dalam bentuk tercetak (paper-based). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada masa sekarang ini dapat menjadi pendorong bagi perpustakaan untuk meningkatkan pelayanan, diantaranya dengan menyediakan layanan online. Sehingga pengguna bisa mengakses informasi media elektronik tadi sebagai perwujudan menjadi perpustakaan digital (digital library).

Perpustakaan Unika Atma Jaya Jakarta, sejak beberapa tahun lalu sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga pendidikan yang mengelola informasi disegala bidang ilmu pengetahuan. Salah satu solusi Perpustakaan Unika Atma Jaya dalam melayani serta memenuhi akan kebutuhan informasi pengguna adalah dengan menyediakan koleksi jurnal online. Keberadaan koleksi jurnal online berbasis web sangat dibutuhkan bagi mahasiswa, dosen maupun peneliti untuk keperluan studi maupun untuk meningkatkan pengetahuannya sesuai perkembangan jaman. Koleksi jurnal online menyajikan informasi mutakhir dan berperan strategis dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Untuk memenuhi kebutuhan informasi civitas akademika Unika Atma Jaya, sejak tahun 2004 Perpustakaan Unika Atma Jaya berlangganan database jurnal elektronik, yaitu : ProQuest, SpringerLink, EBSCO, JSTOR, Gale, dll. Database online tersebut merupakan aplikasi keberadaan perpustakaan digital (digital library) di perpustakaan Unika Atma Jaya Jakarta. Dengan adanya database online, pengguna perpustakaan dapat memperoleh informasi ilmiah secara akurat, cepat dan tepat. Sebagai contoh ProQuest, merupakan pangkalan data yang berisi jurnal ilmiah. Proquest menyediakan artikel full text ke lebih 4000 jurnal, suratkabar dan majalah. Cakupan isi terbitan 10 s.d 20 tahun ke belakang, disitir oleh lebih dari 3.500 terbitan, hasil penelusuran dalam bentuk full text , html, pdf, abstract. Database ProQuest menciptakan sumber-sumber informasi khusus dan teknologi yang berhasil mendorong penelitian, penemuan, dan pembelajaran seumur hidup. ProQuest merupakan pemimpin global dalam perpustakaan yang memberikan semua jenis layanan.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta, yang didirikan tahun 1960. Saat ini Unika Atma Jaya memiliki 8 Fakultas, 16 program studi untuk program sarjana (S1), 3 program magister (S2), serta 1 program doktor (S3). Salah satu fakultas yang ada di Unika Atma Jaya yaitu Fakultas Psikologi, dengan jumlah mahasiswa pada Semester Ganjil 2009/2010 berjumlah 850 mahasiswa dan Semester Ganjil 2010/2011 sebanyak 978 mahasiswa. Sedangkan tenaga pengajar tahun 2010 sebanyak 37 orang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Assalamu'alaikum. Wr.Wb.

Waktu akan dipertanggungjawabkan

Frofilku

Foto saya
Palembang, Indonesia
MOTTO: "Hidup Adalah Perjuangan"

Total Tayangan Halaman

Entri Populer