Powered By Blogger

SELAMAT DATANG di Blog Putera Pulau Beringin

Semoga Bermanfaat..!

Rabu, Desember 08, 2010

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AL AZHAR INDONESIA

A. Sejarah Perpustakaan Universitas Al Azhar Indonesia

Perpustakaan Universitas Al Azhar Indonesia berdiri setahun setelah Universitas Al Azhar Indonesia didirikan, yaitu pada tahun 2001. Pada awal berdiri, perpustakaan masih terintegrasi dengan perpustakaan SMU Al Azhar. Pada masa itu koleksi perpustakaan Universitas Al Azhar masih berjumlah lebih kurang 100 eksemplar, yang diperoleh dari pembelian dan hadiah. Koleksi perpustakaan Universitas Al Azhar semakin lama semakin bertambah, karena melakukan kerjasama dengan ISNET yaitu perkumpulan mahasiswa Indonesia di luar negeri. ISNET mempunyai program memberikan sumbangan buku kepada perpustakaan-perpustakaan di Indonesia setiap tahun, termasuk perpustakaan Universitas Al Azhar Indonesia.

Pada bulan Juni 2001, perpustakaan Universitas Al Azhar Indonesia pindah ke ruangan sekretariat kantor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI). Pada waktu itu perpustakaan belum mempunyai sistem pengelolaan yang baik, karena hanya dikelola oleh seorang staf perpustakaan dan dibantu oleh mahasiswa Universitas Al Azhar yang diberi upah berupa beasiswa. Pada tahun 2002 mulai diterapkan sistem automasi perpustakaan dan penambahan satu orang pustakawan. Hingga saat ini jumlah tenaga pengelola perpustakaan Universitas Al Azhar berjumlah 10 orang, yaitu Kepala Perpustakaan, Bagian Pengadaan dan Administrasi, Bagian Pengolahan, Bagian Sirkulasi dan Asisten Perpustakaan.

Perpustakaan pendidikan tinggi sebagai unit pelaksana teknis dibidang perpustakaan, mempunyai tugas memberi pelayanan pustaka kepada civitas akademika, yaitu mahasiswa, dosen dan karyawan. Perpustakaan direncanakan dan dikembangkan untuk dapat membantu pelaksanaan Program Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Sejalan dengan visi dan misi Universitas Al Azhar Indonesia, yaitu menjadi Universitas Islam yang berkualitas dan maju dalam membentuk sumber daya manusia yang berkemampuan mengembangkan intelektualitas dan moral tinggi secara seimbang dalam menuju ridha Allah SWT. Dengan demikian perpustakaan menjadi sarana yang sangat bermanfaat dan menunjang dalam membantu proses belajar mengajar.

Dengan berdirinya Universitas Al Azhar Indonesia sebagai institusi pendidikan tinggi, maka diperlukan sebuah perpustakaan yang menunjang visi dan misi unversitas. Perpustakaan Universitas Al Azhar Indonesia bertugas untuk menunjang pengembangan manajemen dalam bentuk penyediaan informasi yang cepat, tepat dan akurat yang berguna untuk peningkatan kegiatan belajar mengajar mahasiswa dan dosen di lingkungan Universitas Al Azhar Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Assalamu'alaikum. Wr.Wb.

Waktu akan dipertanggungjawabkan

Frofilku

Foto saya
Palembang, Indonesia
MOTTO: "Hidup Adalah Perjuangan"

Total Tayangan Halaman

Entri Populer