Powered By Blogger

SELAMAT DATANG di Blog Putera Pulau Beringin

Semoga Bermanfaat..!

Sabtu, Juli 09, 2011

Jurnal Elektronik di Perguruan Tinggi

Kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, menjadikan jarak, ruang dan waktu hampir tidak ada batasan. Kemajuan tersebut telah mengubah perilaku pengguna perpustakaan dalam mencari informasi. Pengguna membutuhkan informasi terkini yang bisa di peroleh dengan cepat, tepat dan akurat. Sebagaimana pendapat Hurd ( 2001) yang dikutip Dharma (2006: 13), perkembangan jurnal elektronik dan pangkalan data terpasang telah merubah cara akademisi dan civitas akademika dalam mengakses infrormasi.

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi di atas, terjadi berbagai perubahan, diantaranya sarana media komunikasi bagi informasi. Jurnal online merupakan salah satu sarana untuk mengkomunikasikan berbagai hasil penelitian yang dapat memperkaya serta menambah pengetahuan. Sesuai dengan pendapat Pendit (2008: 156) teknologi membantu ledakan karya ilmiah, karena para ilmuawan kini semakin mudah membuat dan mendiskusikan karya ilmiah mereka. Selain mempercepat proses komunikasi, misalnya antara editor, penulis, dan rekan-rekan ilmuawan.

Salah satu solusi bagi perpustakaan perguruan tinggi dalam melayani serta memenuhi kebutuhan informasi pengguna adalah dengan menyediakan jurnal online. Keberadaan jurnal online yang berbasis web sangat dibutuhkan bagi mahasiswa, dosen maupun peneliti untuk keperluan studi maupun untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Jurnal online telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi pengembangan koleksi di perpustakaan perguruan tinggi. Dengan adanya jurnal online akan memperkaya koleksi serta memberikan kemudahan terhadap akses informasi.


By. Ali Nurdin, Juli 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Assalamu'alaikum. Wr.Wb.

Waktu akan dipertanggungjawabkan

Frofilku

Foto saya
Palembang, Indonesia
MOTTO: "Hidup Adalah Perjuangan"

Total Tayangan Halaman

Entri Populer