Powered By Blogger

SELAMAT DATANG di Blog Putera Pulau Beringin

Semoga Bermanfaat..!

Minggu, Januari 03, 2010

MINAT BACA

Minat adalah suatu keinginan atau kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Minat baca berarti suatu keinginan atau kecenderungan hati yang tinggi terhadap bahan bacaan. Bahan bacaan atau koleksi perpustakaan yang diminati oleh seseorang atau sekelompok orang dalam masyarakat adalah yang mengandung manfaat, nilai, yang sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pembaca yang bersangkutan (Sutarno,2004:85)

Perpustakaan wajib mendukung dalam memasyarakatkan gerakan nasional gemar membaca melalui penyediaan karya tulis, karya cetak, dan karya rekam (UU RI. No. 43, 2007)
Minat baca dalam masyarakat kita mulai merangkak meskipun belum mencapai tahapan yang signifikan. Minat itu perlu ditumbuhkembangkan terus menerus untuk mencapai masyarakat yang cerdas secara religi, intelektual, sosial, dan ekonomi. Sebab membaca merupakan pintu gerbang informasi, ilmu pengetahuan dan pendukung kecerdasan bangsa. Dengan membaca sejumlah literature, siskusi, dan mengikuti pertemuan ilmiah, seseorang mampu mengasah otak, memperoleh wawasan, dan meningkatkan ilmu pengetahuan. (Lasa HS. 2009)

Perpustakaan memberikan jasa layanan pemanfaatan segala koleksi yang dimiliki kepada segenap anggota masyarakat yang membutuhkannya. Jenis-jenis koleksi yang dimaksud dapat dikelompokkan kedalam dua kategori utama yang meliputi bahan berupa buku dan bahan bukan buku (Yusup, 2009: 401)

Di negara berkembang, masayarakat masih bergulat dengan kesulitan ekonomi sehingga kebutuhan yang mendesak ialah pangan, pakaian, dan papan. Dengan demikian, kebutuhan cultural dirasakan sebagai kebutuhan yang kurang mendesak sehingga membaca masih dirasakan sebagai membuang waktu belaka (Suwarno, 2007: 31).

DAFTAR PUSTAKA

1. Sutarno NS. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Terpadu. Jakarta: Semitra Media Utama, 2004.
2. Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI, 2007.
3. Lasa HS. Peran Perpustakaan dan Penulis Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Jakarta Perpustakaan Nasional RI. Visipustaka:Majalah Perpustakaan: Vol. 11 No.2, Agustus 2009:6
4. Yusuf, Pawit M. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakawanan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
5. Suwarno, Wiji. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan: Sebuah Pendekatan Terpadu. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Assalamu'alaikum. Wr.Wb.

Waktu akan dipertanggungjawabkan

Frofilku

Foto saya
Palembang, Indonesia
MOTTO: "Hidup Adalah Perjuangan"

Total Tayangan Halaman

Entri Populer